“NIEN CHING TE SE HAO”

“NIEN CHING TE SE HAO…WO MEN..YUNG MING CAO CIEN..LAO LE….WO MEN..YUNG CIEN….PAU MING”
Artinya :
“SEMASA MUDA…MENGORBANKAN NYAWA UNTUK MENDAPATKAN UANG…SUDAH TUA…MENGORBANKAN UANG..UNTUK MEMPERTAHANKAN NYAWA”. (Lao Tse)

Sebuah nasihat dari filusuf China tentang memaknai hidup dan kehidupan, berusaha untuk memenuhi kebutuhan material..yang sering membuat kita lupa.

Mahatma Gandhi pernah bilang”it is ENOUGH for a man in NEED..but NOT ENOUGH for a man in GREED”. Cukup bagi orang yang mampu, tapi TIDAK CUKUP bagi orang SERAKAH.

Padahal di dalam hidup ini..kita berusaha..meraih kebahagiaan yang hakiki hingga hari tua..sehat…mampu berbagi..seperti dalam tembang Macapat..saat kita sudah berada didalam tahapan”DHANDANG GULO”…diharapkan kita mampu menuju tahapan “DURMA”..atau berbagi..bahkan..hingga tembang ke 11 (Pucung).
Bagi umat kristianipun..ada firman yg mengatakan hidip kita akan sia2..(-> Pengkhotbah 6:2 (TB) orang yang dikaruniai Allah kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sehingga ia tak kekurangan suatu pun yang diingininya, tetapi orang itu tidak dikaruniai kuasa oleh Allah untuk menikmatinya, melainkan orang lain yang menikmatinya! Inilah kesia-siaan dan penderitaan yang pahit.).

So…SAHABAT….”LIFE IS TOO SHORT”…..BIJAKlah dalam menjalani hidup…karena”LIFE BEGAN @60th…NOT….40th.(permenungan kembali malam,bintaro,[email protected])
(permenungan sore,bintaro,[email protected]).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *