Maria Magdalena -(Permenungan tgl.22 JULI 2020 @ 23.59)

-sekilas kisah perjalanan hidup MARIA MAGDALENA.(dirayakan setiap tgl. 22Juli)–>> Pada abad pertama, roh jahat diyakini sebagai biang keladi sakit lahiriah maupun batiniah.[28][23][24] Bruce Chilton, salah seorang pengkaji sejarah Gereja Perdana, berpendapat bahwa penyebutan angka “tujuh” sebagai jumlah roh jahat yang diusir dari dalam diri Maria Magdalena berarti bahwa ia harus menjalani tujuh kali pengusiran roh jahat, yang mungkin saja berlangsung dalam jangka waktu yang lama, karena enam kali pengusiran yang terdahulu ternyata gagal atau belum tuntas.[25] Bart D. Ehrman, salah seorang pengkaji Perjanjian Baru sekaligus ahli sejarah Gereja Perdana, menyimpulkan bahwa “tujuh” mungkin hanyalah angka simbolis.[24] Dalam tradisi Yahudi, angka tujuh adalah angka sempurna,[24] sehingga keterangan bahwa Maria Magdalena pernah dirasuki tujuh roh jahat hanya berarti bahwa ia pernah sepenuhnya kerasukan roh jahat.[24] Dari sudut pandang lain, Maria Magdalena kemungkinan mengalami trauma emosional atau kejiwaan yang berat, sehingga dianggap perlu menjalani “tujuh kali pengusiran roh jahat”.[23][24] Kemungkinan kesembuhan karena dilepaskan dari kuasa tujuh roh jahat inilah yang membuat Maria Magdalena menjadi sedemikian setianya berbakti pada Yesus.

T’day B’fast:”Kata Yesus kepadanya: “Maria!” Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: “Rabuni!”, artinya Guru.
Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.”
Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: “Aku telah melihat Tuhan!” dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.”(Yoh.20:16-18)–permenungan hari ini tentang peran”MARIA MAGDALENA”..selama karya YESUS sampai wafat di kayu salib….mungkin perlu diketahui bbrp hal ttg apa dan siapa Maria Magdalena?
-pernah ditafsir dg Maria dr Betania dan juga Maria sang pelacur.
-Maria Magdalena berasal dari Magdala…san kebiasan anak putri yahudi diberi nama maria kemudian ditambahkan dg daerah asal.
Maria Magdalena berasal dr keluarga berkecukupan..dan sembuh dari 7(tujuh)roh jahat..ada yg menafsir selama 7kali dilakukan pengusiran roh jahat..shg disimpulkan..sempurna pengusirannya..atau emmang ada 7roh jahat…oleh karena kesempurnaan kesembuhan total ini ..Maria Magdalena mengabdi kpd YESUS secara total..termasuk membantu pembiayaaan selama karya YESUS….karena total mengabdi kpd Yesus.. Maria Magdalena mengenal suara dan kebiasaan Sapaan YESUS kpdnya.
-saat dibukit golgota pun..yg hadir kecuali Yohanes…semua adalah perempuan.dan Maria Magdalena ada disitu…ternyata perempuan pd saat akhir YESUS wafat mempunyai peran penting..shg penampakan pertama YESUS bangkit..bukan kpd laki2..tetapi kpd perempuan.
Lalu bagaimana dengan kita?apakah kita perlu kerasukan roh jahat hingga 7kali..atau kerasukan 7roh jahat dulu..agar supaya kita mampu total mengabdi kpd YESUS?atau cukup PERCAYA dan BERSERAH..hanyaa MENGANDALKAN YESUS..kita mau dan mampu mengabdi secara total kod ALLAH&YESUS seperti Bunda Maria BERSERAH..dan mengatakan”aku ini HAMBA TUHAN..terjadilah menurut perkataanMU”…..so..Bro&Sist in faith..Maukah kita PERCAYA&BERSERAH kpd ALLAH dan hanya MENGANDALKAN YESUS agar dimampukan unt mengabdi secara TOTAL kpd ALLAH?semoga yah!selamat pagi&selamat berkarya.. ALLAH memberkati kota semua…amin…salam…olan.

Firman hari ini…papa bawa dlm permenungan yg dalam…kita coba lihat kedalam ujian yg terjadi pada kita.
Dalam tafsir 7 Roh jahat…banyak yg menyimpulkan 7kali diakukan pengusiran roh jahat…kenapa 7?menurut bangsa Yahudi..angka 7 itu adalah angka kesempurnaan…artinya…Maria Magdalena diuji dan dicoba berkali2 hingga sempurna..dan sembuh..dan berTOBAT total..menjadi umat yg mengabdi total.
Papa inget..berapa kali TUHAN YESUS KASIH mukjizat:
-saat menjual gudang88 oleh pak Joko.
-gudang meiko dibeli pak Agus
-gudang meiko dibeli pt.UTD(pak Agus).
-kav.Bali dibeli bu Silvie.
-kav.gn.sindur dibeli pak George.
-pinjaman AG(artha graha)..april 2019.
-talangan Pak Willy..maret 2020.
Dan saatnya ALLAH menyempurnakan kita..sekarang….seperti Maria Magdalena disembuhkan oleh karena IMAN yg menyelamatkan….

(Permenungan IMAN malam ini [email protected])

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *