“HIKMAH DIBALIK MUSIBAH COVID-19″(part-3)

HIKMAH DIBALIK MUSIBAH COVID-19 part-3 ini sengaja saya tampilkan teeutama fokus pada upaya pemerintah memerangi wabah COVID-19.

Presiden memutuskan untuk mengalihkan sebagian APBN senilai :Rp 405 T…dan..FANTANTIS….seluruhnya disalurkan ke sektor kesehatan dan sektor ekonomi skala kecil dan menengah.

Pertama, bidang kesehatan sebesar Rp 75 triliun, untuk membangun rumah sakit,renovasi dan memperbaiki ke standar mutu yg lebih baik, pembelian alat kesehatan, peningkatan fasilitas kesehatan alat laboratorium termasuk ventilator, dan insentif tenaga kesehatan. ..kita bisa membayangkan kalau covid tidak terjadi..padahal pemerintah menjanjikan dg kartu sehat….Jadi..zetelah musibah covid berakhir..maka masyarakat bisa mendapatkan fasilitas kartu sehat sesuai janji pemerintah.

Kedua, perlindungan sosial hingga Rp 110 triliun, untuk menambah manfaat bantuan sosial, pembebasan biaya listrik, dan dukungan kebutuhan pokok.juga jaring pengaman sosial…uang berputar ditingkat masyarakat..ekonomi bergerak di level desa…walaupun inflasi akan naik karena daya beli masyarakat pedesaan naik…namun ekoomi lebih baik karena merata.

Ketiga, insentif pajak dan stimulus Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 70,1 triliun, seperti pengurangan tarif pajak penghasilan dan penundaan pembayaran KUR. Hal ini membantu mendorong sektor usaha kecil dan menengah tetap berjalan bahkan meningkat..plus…sektor informal bergerak..dg terjadinya perubahan model pasar..dari tradisional..menjadi online…secara pengetahuan terutama bidang IT..memacu masyarakat menengah kebawah semakin belajar IT tanpa disadari.

Keempat, dukungan lainnya untuk pemulihan ekonomi nasional hingga Rp 150 triliun.

Bayangkan 405T andai tidak ada musibah COVID-19…berapa yang akan menjadi target korupsi?…walaupun…alokasi inipun TIDAK LUPUT dari incaran korupsi…tapi kemungkinan lebih kecil karena banyak pengawas…dan semakin terbuka..kepala desa berani memviralkan melalui medsos…kalau terjadi kejanggalan didalam merealisasikan pembagian sembako, bantuan sosial dll.

Tapi yang menjadi permenungan yg HAKIKI… adalah…SANG KHALIK…selain mengingatkan kpd kita untuk lebih dekat dan tergantung kepada-NYA….juga…melakukan EARTH REFRESHING (penyegaran kembali BUMI),langit cerah,udara lebih bersih ,polusi berkurang, sistim ekonomi berubah..dan yang lebih penting lagi keberpihakan pemerintah pada masyarakat kecil.

Kita masih akan melihat HIKMAH apalagi yang akan SANG KHALIK tunjukan kepda kita dibalik musibah COVID-19 ini..

WFH & STAY AT HOME

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *