“HIKMAH DIBALIK MUSIBAH COVID-19

“SANG KHALIK me”LOCKDOWN” keRAGAan Umatnya.

(permenungan di hari raya NYEPI, [email protected])

Pagi tadi menyempatkan diri mengucapkan “SELAMAT HARI RAYA NYEPI” kepada saudara2 kita umat Hindu….mudah sekali men-share…karena cari di contact list…nama yg berawalan “Nyoman, Putu,Made dan Ketut….pasti semua yang akan sya ucapkan selamat kecuali memang ada bbrp yg sudah tidak merayakan….

Buat saudara kita umat Hindu..lockdown thd raga..mungkin sudah terbiasa…karena sudah dilakukan setiap tahun..bahkan ada 4 gal yg disebut MATI GENI….tapi saat ini…ada yang lain…mereka merayakannya bersama2 kita..walau kita tidak sempurna seperti saudara kita umat Hindu..

Menarik kita renungkan..bhw peristiwa saat ini..situasi darurat saat ini…membuat kita dipaksa unt me”LOCKDOWN” keragaan kita….kita dipaksa unt dirumah tanpa kegiatan sosial apapun..kecuali pegang Hp..kirim WA..nonton TV…sebagian orang melakukan kontemplasi..melakukan introspeksi…tarceback perjalanan hidup sebelumnya…

Saat menerima respons ucapan saya…salah satu saudara ku sharing ttg perjalanan hidupnya…dari seorang anak petani miskin…hingga sekarang..dipercaya dan mampu menjalani tugas seorang Direktur Jendral….

Anak Brandweer(pemadam kebakaran)menjadi seorang yang lebih baik dari orang tuanya.

ANAK BRANDWEER

TUHAN sedang me”LOCKDOWN”..keragaan kita Umatnya…tinggal dirumah…dipaksa unt meng”AKTIF”kan jiwa dan roh nya….dengan KONTEMPLASI..MERENUNG…..

Hari minggu lalu..swluruh umat Kristiani sudah menjalankan ajakan Sang Khalik..ibadah dirumah..melalui Live Streaming…ibadah bersama keluarga terdekat..mengembalikan kebersamaan yg swlama ini mungkin sudah jarang terjadi..

Jumat lalu..saudara kita umat Muslim..memulai ajakab Sang Khalik ini…dengan Iman yg teguh….mengaktifkan jiwa dan roh kita..sehingga mampu dan mau menerima ajakan Sang Khalik unt menjalankan ibadah dirumah..bukan hanya itu..membangun dan mengaktifkan kembali kebersamaan dengan keluarga…sambil berbagi pengalaman hidup masing2..disaat2 banyak luang waktu unt berkumpul(tentu dengan social distancing!).

ALLAH SUNGGUH MAHA BESAR..MAHA KUASA…..memakai COVID-19 untuk meredam egoisme , kesombongan,keserakahan,ketamakan dan sifaat buruk manusia lainnya..untuk kembali kepada SANG KHALIK sambil MEMULIAKAN namaNYA…..

Semoga kita SADAR & DISADARKAN…bahwa kita umat yang memiliki KELEMAHAN…KETERBATASAN….sehingga mampu merendahkan diri dihadapan ALLAH..untuk dimampukan PERCAYA&BERSERAH kepada ALLAH SANG KHALIK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *