“BRANDWEER, ASA PUTRA ASNAWI

“BRANDWEER, ASA Putra ASNAWI (Asli Cina Betawi)”
Beliau dilahirkan di Jakarta,16 Agustus 1924 di daerah jl.jembatan lima, depan Cibunar, dekat dengan bioskop Roxi. Ayah beliau seorang wirausaha percetakan yang hanya memiliki satu mesin cetak jaman dulu..tinta di piringan baja warna hitam, dengan tungkai manual untuk menaik-turunkan roll tinta pencetak…dengan susunan huruf baja yang disusun sesuai kata/kalimat yang akan dicetak.
Anak pertama laki-laki dari dua bersaudara…ternyata jiwa wirausaha ayahnya tidak menurun ke beliau…dan lebih tertarik kepada sekelompok orang berpakaian seragam dengan peci dan ikat pinggang layaknya polisi.

Tempat bermain beliau di lapangan bola asrama brandweer yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja..dan di asrama brandweer itu…banyak kegiatan yang bisa dilihat setiap saat.

Ada korp musik…latihan pemadaman api..baris berbaris dan juga kesenian2 daerah dari para anggotanya yang saat itu didominasi saudara-saudara kita dari sulawesi utara (Manado).

Masa remaja nya dihabiskan diseputar brandweer,pasar gang hober (houbert!) Roxy, tanah sereal kali cagak, pabrik gas, kadang sampai ke tanah abang,jatibaru.

Menjelang dewasa, selepas tamat HIS (Holland Inlandsche School) atau sekolah belanda untuk bumiputra, dan karena bahasa belandanya cukup baik, beliau mendaftar di brandweer dan diterima ..mulai bertugas pd tahun 1941 (usia 19thn)…
Bangga dengan seragam brandweer menumpahkan jiwa raganya di brandweer ini..dari bujangan..menikah dengab seorang gadis Tionghoa sederhana kelahiran Tangerang….hingga membuahkan 9 anak (6 putra/3 putri).

Falsafah saat itu..Banyak anak ..banyak rejeki..mungkin dianut oleh keluarga beliau..apalagi bertugas di brandweer yg penghasilan bulanannya cukup 1minggu & bayar utang (3 minggunya berutang lagi!)…namun yang paling penting mendapatkan beras sejumlah 117kg (kep.keluarga 17kg, istri&[email protected]).

Pernah juga terjadi di tahun 1963-66.. jatah beras diganti dengab bulgur (katanya:makanan babi di eropah?)

Banyak cerita beliau saat bertugas di brandweer yg beberapa kali berganti nama: Barisan Pemadam Kebakaran,Dinas Pemadam Kebakaran dan terakhir Damkar…pernah terlindas mobil brandweer di thn 68…pernah terlempar dari mobil brandweer yang terbalik di tikungan H.wuruk/veteran..dan semua anggota yang ada di mobil tsb..kecemplung di kali Ciliwung….dan masih banyak cerita dari beliau.
Sebelum pensiun, beliau diberi tugas menjadi kepala suku dinas Pemadam Kebakaran wilayah Jakarta utara…dan saat itu sy yg adalah salah satu anak kandung beliau pd akhir thn 1975 mendapat panggilan dari Isntitut Pertanian Bogor(IPB)unt menjadi mahasiswa IPB melalui jalur PP-2(Proyek Perintis-2)-Tanpa testing…dan hanya membayar SPP thn ajaran1976 senilai rp.10,000(sepuluh ribu rupiah)…namun bagi saya berkecamuk…bergumul..antara rasa haru..bangga..bersyukur..tapi CEMAS…karena undangan dtg tgl.8Nopember..dan harus segera mendaftar plg lambat tg.15Nopember(kalau tidak salah ingat!)dg membawa uang tunai rp.10ribu..Bayangkang!pegawai brandweer..abis gajian..seminggu udah abis bayar utang….3mg berikutnya..siap2 cari utang…ehhhhh..tiba2..butuh uang 10rb perak….dan saya sedikit merengek ke orang tua(terutama mama!)…mohon sekali..karena sdh gagal tdk jadi masuk fak.arsitek UNTAR..karena harus siapkan dana 200ribu…sekarang ada kesempatan di IPB(?)..yg sejujurnya..saya berfikir..mau jadi apa saya di IPB?petani ?..tapi saya cuma fokus satu..menjadi MAHASISWA!…biar keren dikit…mahasiswa lho!..
Puji TUHAN …mama(kita) punya tetangga yg baik..yg menjadi langganan unt pinjam uang..dan dahulu..tidak dikenal bayar bunga..pinjam 10rb..balikin 10rb….pergilah saya ke baranangsiang,depan kantor statistik bayar 10rb..tunggu sesaat…foto..sebentar..jadilah kartu mahasiswa ipb.dg NIM(no induk mhsw):13,337(kelompok2).
Sekarang beliau sudah tiada 19tahun lalu.tepatnya 23desember 1991..mamapun sudah lebih dulu.saat saya memulai kuliah memasuki semester 2 pd tgl.31juli1976…semoga perjuangann kedua orang tua saya…mama papa..yg adalah pribumi keturunan china…mampu diteruskan dan dikembangkan oleh anak cucu,cicit hingga terus berkesinambungan.

(Bintaro, mengenang orang tua , 05 Mei 2022 @ 22.20)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may have missed

“SUBYEK YG OBYEKTIF ….BUKAN….OBYEK YG SUBYEKTIF”
(Bung Karno,Agustus 1962)
Dalam hidup sehari hari..sbg manusia…sering ngobrol berdebat bahkan curhat…kita yg merasa simpati..memberikan tanggapan…memberikan saran komentar….dan sering kita tanpa pikir panjang..TERLARUT dg cerita dr yg berkeluh kesah..apalagi ..kalau yg dipersoalkan adalah orang yg dikenalnya juga..dan tidak disukai…jadilah..disimpulkan..sesuai kekehndak hatinya..menganggap semua yg diceritakan 100% BENAR…..dan bahkan ikut menyebarkan ke teman2 ….bahkan..ke sesama koleganya..dan ikut menyalahkan…sampai mengambil keputusan bahwa yg cerita itu dizolimi/ditipu..dsbnya..tanpa dilakukan check/rechek..tanpa diklarifikasi…itulah yg disebut Obyek yg subyektif..
Yang lebih parah lagi kalau kita2 ini sudah uzur…sdh makan asam garam kehidupan…selayaknya lebih bijak dan lebih dewasa didalam bertindak…menilai dr dua sisi…mendengarkan dan mencari tahu dr kedua sisi..agar tidak mislead..yg bijaksana menyimpulkannya…kalau orang bijaksana bilang”melihat dg Choper view”.jangan sampai dibilang umur tua..perbuatan anak(childish)..
Jadilah Subyek yg Obyektif..menilai dg obyektif tanpa memihak….itulah dewasa usia..juga dewasa pikiran…..karena dalam iman ..kita meyakini..TUHAN TIDAK TIDUR(GUSTI ALLOH BOTEN SARE)….pula kita yakini”SIAPA YG MENABUR…DIA YG MENUAI”..
semoga kita menjadi dewasa didalam menghayati CATUR MURTI…
Marilah kita doakan buat bro&sist kita yg tidak menyadari hal diatas..agar diampuni oleh TUHAN YME…(ampunilah Tuhan..karena dia tidak mengerti apa yg dipwrbuat…amin).
(Permenungan malam @bintaro,[email protected])

HARI INI SANGAT BERMAKNA KARENA TANGGAL NYA TIDAK AKAN BERULANG “22-02-2022″ pengulangan angka”2022”, dan terutama bagi saya pribadi, hari ini menjadi sebuah peristiwa bersejarah bahkan dalam perjalanan hidup saya.
-22feb tahun 2021:
Saya di telpon pak Kim dr manokwari perihal rencana pengembangan peternakan di Papua Barat melalui visi- mis-“BANGUN BUMI PAPUA”.
-26Feb(jumat)-2021:meeting tim pengendali..dipimpin oleh Pak Kim, membahas rencana pengembangan peternakan .melalui Alamindo consortium di Papua Barat melalui”Bangun Bumi Papua”, dan juga dipaparkan rencana pendanaan bertahap sebesar 200jutaUSD/tahap…saat itu saya mengajak calon mitra yaitu pemilik pt.Sijiro..pemegag lisensi Red Wagyu di Indonesia.
-28Feb 2021: jam 07.00..diundang pak Kim ke rumah di jln.Sumatra no.26 dihadiri oleh pak Kim, pak Andy..Darius(putra pak Kim)dan saya… menjelaskan detail rencana pengembangan industri sapi potong di papua barat dan disepakati, sbb :
a).saya ditetapkan sbg Kepala Proyek pengembangan Industri Petrnakaan Sapi Potong terpadu.
b).disepakati semua usulan pribadi(kewajiban2 keuangan saya di bbrp bank dan pinjaman2)akan diselesaikan oleh pak Kim.
-3Maret 2021(Rebo Pon):dihadapan seluruh manajemen …saya ditetapkan menjadi kepala proyek pengembangan peternakan sapi di papua barat.
-14April -2021:Bisnis Plan dgn asumsi pendanaan 600jutaUSD dipresentasi kan dihadapan tim pengendali.
-20April-2021:Pertemuan rutin unt menyamakan persepsi bahkan ditetapkan unt Misi jangka panjang “Menggantikan posisi Australia sbg supplier daging di Indonesia”,dgn target jangka panjang(20thn):menguasai pangsa pasar sebesar:40%.
-atas dasar itu dilakukan perubahan Bisnis Plan.
-24Mei2021:awal kunjungan lapangan ke bomberay kab.fak fak.bertemu dgn SekDa, wakil Bupati dan OPD kabupaten serta kunjungan ke distrik Bomberay sebagai calon lokasi.
-Juni 2021:kunjungan kedua…pertemuan dgn Bupati terpilih kab.Fak fak(Bpk.Untung Tamsil)dengan menyampaikan surat permohonan penyediaan lahan untuk rencana pengembangan peternakan terpadu ini.
-awal Juli 2021:surat tanggapan Bupati Fak Fak unt menggunakan lahan 1200Ha sbg awal pengembangan.
-17Agustus 2021: sbg hadiah hari kemerdekaan BP(Business Plan) selesai dan diberikan ke Plt.President(bpk.Andy R).
-11Oktober-2021:audiensi dgn pemda Prop.Papua Barat…menetapkan 4kab sbg awal pengembangan(Fak fak;teluk bintuni;Manokwari selatan dan Tambrauw).
-11Januari 2022:audiensi dgn bupati tambrauw dan survey lokasi peternakan di distrik Kebar.kab.Tambrauw.
-14jan-2022:secara verbal ditetapkan Alamindo sbg calon investor peternakan di distrik kebar.
-18januari-2022: ditetapkan tim peternakan dibawah tim pengembangan.
-14 Februari-2022:pertemuan rutin membahas persiapan kunjungan Bupati kab.Tambrauw dan Kadis peternakan ke kantor Alamindo.
-16Februari-2022: pertemuan dgn Bupati Tambrauw dan Kadis peternakan yang dihadiri oleh Bpk.Adi Gunawan sbg Komisaris Utama, dengan hasil kesepakatan untuk dimulai Pengembangan Industri peternakan sapi potong terpadu di distrik Kebar,kab. Tambrauw dgn target “Peletakan Batu Pertama” paling lambat akhir April 2022.
-21 February 2022(senin): atas permintaan KomUt Alamindo,Bpk.Adi Gunawan diadakan pertemuan rutin tim pengembangan &tim peternakan untuk membahas financial scenario agar dapat dipahami oleh KomUt sehingga dapat memberikan arahan2 termasuk membuat Entitas baru untuk dipakai sebagai SBU(Santan bisnis unit) a.l:pertanian;perikanan dan perkebunan.
-Hari ini :SELASA- 22-FEBRUARI-2022….TEPAT SATU TAHUN saya BERKARYA di Group ALAMINDO…semoga PERJALANAN PANjANG ini akan membuahkan HASIL..SESUAI DENGAN RENCANA TUHAN YG INDAH PADA WAKTU NYA…AMIN…
karena”BAGI TUHAN TIDAK ADA YG MUSTAHIL(Luk.1:37)