BERDARAH INDONESIA atau BERKEWARGANEGARAAN INDONESIA ?

(Permenungan sepanjang perjalanan Jakarta-Jogja @ kereta DWIPANGGA, 29-11-2019)

Menurut Bokap and Nyokab, gw lahir bulan september 1956…di rumah sakit Budi Kemuliaan dekat tanah Abang II..kearah monas..hasil perkawinan silang china betawi dan china benteng….Bokap gw juga lahir di betawi….engkong gw juga lahir di betawi…dan menurut engkong gw waktu itu….bokapnya bahkan engkongnya engkong gw juga lahir di betawi…tinggal disekitar jembatan lima/cibunar.

Konon udah 10 keturunan lebih bermukim di Betawi..yang pernah bernama Sunda Kelapa dan juga pernah bernama Batavia..lalu. Pegimane nyokab? Sama aja. Dia bilang juga..emaknya nyokab lahir di daerah sepatan, gerendeng masuk kedalam…emaknye emak nyokab juga udah di sepatan sejak kelenteng tanjung kait berdiri….kira2 300thn lalu. Kalau diitung-itung, keturunan bokap dan nyokab baik yg di betawi atawe yg di benteng..udah tinggal di daerah itu mungkin juga sudah diatas 300thn lebih. Bokap ,waktu dia remaja sering ke asrama Brandweer didekat rumahnya yg di Jembatan Lima (asrama Brandweer di ketapang!)

Melihat anggota Brandweer waktu itu gagah2 pake seragam dan naik mobil yg waktu itu,thn 1940an..jarang ada mobil, dia melamar jadi anggota brandweer. Ehhhh…diterima..jadi deh anggota brandweer…tinggal di asrama brandweer..kawin sama nyokab yg cin-ben…sampai beranak pinak 9 (sembilan). Katanya waktu itu banyak anak banyak rejeki, minimal pegawai negeri punya jatah 10kg beras/anak..total 117kgberas/bulan.

Gw sendiri sekolah,maklum anak pegawai negeri..sejak SD-SMP-SMA..bahkan perguruan tinggi…semuanya sekolah negeri….sampe lulus jadi dokter hewan IPB. Bahkan pernah dipanggil sama rektor ipb(waktu itu Prof.Andi Hakim Nasution)..menjelang wisuda sarjana kedok.hew…beliau bilang supaya tidak ada masalah saat pengabdian masyarakat…sebaiknya saya GANTI NAMA..saat itu.. nama saya (sejak lahir)adalah”KHOUW SOUW LAN”…saya jawab dgn nada tinggi “maaf prof….panggil yg sudah ganti nama..bahkan yg bukan Tionghoa…ukur nasionalisme nya dengan saya..”…saya terus bilang “orangtua saya sejak lahir,menjadi brandweer sejak jaman sebelum kemerdekaan sampai jakarta berganti 3 gubernur (Ali Sadikin,Tjokro Pranolo dan Wilogo!) dan para gubernur itu menyurati ayah saya unt ganti nama…beliau mengatakan saya terlahir dg nama KHOUW SIN HOK…pensiun pun dengan nama yang sama”dan tetap pegawai negeri, anggota pemadam kebakaran dan hidup sederhana dari hasil kerja,tidak menjual jabatan apalagi korupsi”.

Dan sang professor mengatakan kpd saya”terserah saudara”.

Hehehee…tapi setelah keluar dari ruangan pak Rektor di baranangsiang…saya berpikir….dan berpikir…dan berpikir..akhirnya saya memutuskan (tanpa persetujuan bokap!)..Saya ganti nama….yg sempat membuat kaget teman2 angkatan saya.

Di saat wisuda sarjana ..tiba giliran saya naik ke podium ..dipanggil”saudara..drs.med.vet.Olan Sebastian”….siapaaa tuh..? koq ada mahasiswa namanya olan sebastian??….langsung setelah acara wisuda….bbrp wisudawan terutama aktifis kampus..diarak pake gerobak…termasuk saya…hehehee..indahnya…bersahabat.

Kenapa saya tulis permenungan ini saat ini?…karena ada yg memperdebatkan antara Indonesian blood dan Indonesian citizen ….sayapun yakin tidak punya INDONESIAN blood……tapi hal INDONESIAN citizen boleh bertanding dengan saya…Lalu bagaimana dengan anda? apakah anda berdarah Indonesia?….Indonesia baru lahir 17-08-1945….sedangkan kakek buyut kita sudah ada di tanah air kita tercinta ini sebelum Indonesia ada….Dari Sabang sampai Merauke…yang ada adalah berdarah Aceh,Batak, Padang, Palembang hingga Irian….lalu kawin mawin…dg yg berdarah lain..ada yg dg cina..arab..eropah.dll..Jadi…janganlah berburuk sangka…kalau belum bisa menghayati makna perbedaan itu…Uhppp…panjang juga nih…stop dulu ach…ngopi dulu….!

#INDONESIANBLOOD#INDONESIANCITIZEN#100%INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *