BERDARAH INDONESIA atau BERKEWARGANEGARAAN INDONESIA ?

(Permenungan sepanjang perjalanan Jakarta-Jogja @ kereta DWIPANGGA, 29-11-2019)

Menurut Bokap and Nyokab, gw lahir bulan september 1956…di rumah sakit Budi Kemuliaan dekat tanah Abang II..kearah monas..hasil perkawinan silang china betawi dan china benteng….Bokap gw juga lahir di betawi….engkong gw juga lahir di betawi…dan menurut engkong gw waktu itu….bokapnya bahkan engkongnya engkong gw juga lahir di betawi…tinggal disekitar jembatan lima/cibunar.

Konon udah 10 keturunan lebih bermukim di Betawi..yang pernah bernama Sunda Kelapa dan juga pernah bernama Batavia..lalu. Pegimane nyokab? Sama aja. Dia bilang juga..emaknya nyokab lahir di daerah sepatan, gerendeng masuk kedalam…emaknye emak nyokab juga udah di sepatan sejak kelenteng tanjung kait berdiri….kira2 300thn lalu. Kalau diitung-itung, keturunan bokap dan nyokab baik yg di betawi atawe yg di benteng..udah tinggal di daerah itu mungkin juga sudah diatas 300thn lebih. Bokap ,waktu dia remaja sering ke asrama Brandweer didekat rumahnya yg di Jembatan Lima (asrama Brandweer di ketapang!)

Melihat anggota Brandweer waktu itu gagah2 pake seragam dan naik mobil yg waktu itu,thn 1940an..jarang ada mobil, dia melamar jadi anggota brandweer. Ehhhh…diterima..jadi deh anggota brandweer…tinggal di asrama brandweer..kawin sama nyokab yg cin-ben…sampai beranak pinak 9 (sembilan). Katanya waktu itu banyak anak banyak rejeki, minimal pegawai negeri punya jatah 10kg beras/anak..total 117kgberas/bulan.

Gw sendiri sekolah,maklum anak pegawai negeri..sejak SD-SMP-SMA..bahkan perguruan tinggi…semuanya sekolah negeri….sampe lulus jadi dokter hewan IPB. Bahkan pernah dipanggil sama rektor ipb(waktu itu Prof.Andi Hakim Nasution)..menjelang wisuda sarjana kedok.hew…beliau bilang supaya tidak ada masalah saat pengabdian masyarakat…sebaiknya saya GANTI NAMA..saat itu.. nama saya (sejak lahir)adalah”KHOUW SOUW LAN”…saya jawab dgn nada tinggi “maaf prof….panggil yg sudah ganti nama..bahkan yg bukan Tionghoa…ukur nasionalisme nya dengan saya..”…saya terus bilang “orangtua saya sejak lahir,menjadi brandweer sejak jaman sebelum kemerdekaan sampai jakarta berganti 3 gubernur (Ali Sadikin,Tjokro Pranolo dan Wilogo!) dan para gubernur itu menyurati ayah saya unt ganti nama…beliau mengatakan saya terlahir dg nama KHOUW SIN HOK…pensiun pun dengan nama yang sama”dan tetap pegawai negeri, anggota pemadam kebakaran dan hidup sederhana dari hasil kerja,tidak menjual jabatan apalagi korupsi”.

Dan sang professor mengatakan kpd saya”terserah saudara”.

Hehehee…tapi setelah keluar dari ruangan pak Rektor di baranangsiang…saya berpikir….dan berpikir…dan berpikir..akhirnya saya memutuskan (tanpa persetujuan bokap!)..Saya ganti nama….yg sempat membuat kaget teman2 angkatan saya.

Di saat wisuda sarjana ..tiba giliran saya naik ke podium ..dipanggil”saudara..drs.med.vet.Olan Sebastian”….siapaaa tuh..? koq ada mahasiswa namanya olan sebastian??….langsung setelah acara wisuda….bbrp wisudawan terutama aktifis kampus..diarak pake gerobak…termasuk saya…hehehee..indahnya…bersahabat.

Kenapa saya tulis permenungan ini saat ini?…karena ada yg memperdebatkan antara Indonesian blood dan Indonesian citizen ….sayapun yakin tidak punya INDONESIAN blood……tapi hal INDONESIAN citizen boleh bertanding dengan saya…Lalu bagaimana dengan anda? apakah anda berdarah Indonesia?….Indonesia baru lahir 17-08-1945….sedangkan kakek buyut kita sudah ada di tanah air kita tercinta ini sebelum Indonesia ada….Dari Sabang sampai Merauke…yang ada adalah berdarah Aceh,Batak, Padang, Palembang hingga Irian….lalu kawin mawin…dg yg berdarah lain..ada yg dg cina..arab..eropah.dll..Jadi…janganlah berburuk sangka…kalau belum bisa menghayati makna perbedaan itu…Uhppp…panjang juga nih…stop dulu ach…ngopi dulu….!

#INDONESIANBLOOD#INDONESIANCITIZEN#100%INDONESIA

3 thoughts on “BERDARAH INDONESIA atau BERKEWARGANEGARAAN INDONESIA ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may have missed

“SUBYEK YG OBYEKTIF ….BUKAN….OBYEK YG SUBYEKTIF”
(Bung Karno,Agustus 1962)
Dalam hidup sehari hari..sbg manusia…sering ngobrol berdebat bahkan curhat…kita yg merasa simpati..memberikan tanggapan…memberikan saran komentar….dan sering kita tanpa pikir panjang..TERLARUT dg cerita dr yg berkeluh kesah..apalagi ..kalau yg dipersoalkan adalah orang yg dikenalnya juga..dan tidak disukai…jadilah..disimpulkan..sesuai kekehndak hatinya..menganggap semua yg diceritakan 100% BENAR…..dan bahkan ikut menyebarkan ke teman2 ….bahkan..ke sesama koleganya..dan ikut menyalahkan…sampai mengambil keputusan bahwa yg cerita itu dizolimi/ditipu..dsbnya..tanpa dilakukan check/rechek..tanpa diklarifikasi…itulah yg disebut Obyek yg subyektif..
Yang lebih parah lagi kalau kita2 ini sudah uzur…sdh makan asam garam kehidupan…selayaknya lebih bijak dan lebih dewasa didalam bertindak…menilai dr dua sisi…mendengarkan dan mencari tahu dr kedua sisi..agar tidak mislead..yg bijaksana menyimpulkannya…kalau orang bijaksana bilang”melihat dg Choper view”.jangan sampai dibilang umur tua..perbuatan anak(childish)..
Jadilah Subyek yg Obyektif..menilai dg obyektif tanpa memihak….itulah dewasa usia..juga dewasa pikiran…..karena dalam iman ..kita meyakini..TUHAN TIDAK TIDUR(GUSTI ALLOH BOTEN SARE)….pula kita yakini”SIAPA YG MENABUR…DIA YG MENUAI”..
semoga kita menjadi dewasa didalam menghayati CATUR MURTI…
Marilah kita doakan buat bro&sist kita yg tidak menyadari hal diatas..agar diampuni oleh TUHAN YME…(ampunilah Tuhan..karena dia tidak mengerti apa yg dipwrbuat…amin).
(Permenungan malam @bintaro,[email protected])

HARI INI SANGAT BERMAKNA KARENA TANGGAL NYA TIDAK AKAN BERULANG “22-02-2022″ pengulangan angka”2022”, dan terutama bagi saya pribadi, hari ini menjadi sebuah peristiwa bersejarah bahkan dalam perjalanan hidup saya.
-22feb tahun 2021:
Saya di telpon pak Kim dr manokwari perihal rencana pengembangan peternakan di Papua Barat melalui visi- mis-“BANGUN BUMI PAPUA”.
-26Feb(jumat)-2021:meeting tim pengendali..dipimpin oleh Pak Kim, membahas rencana pengembangan peternakan .melalui Alamindo consortium di Papua Barat melalui”Bangun Bumi Papua”, dan juga dipaparkan rencana pendanaan bertahap sebesar 200jutaUSD/tahap…saat itu saya mengajak calon mitra yaitu pemilik pt.Sijiro..pemegag lisensi Red Wagyu di Indonesia.
-28Feb 2021: jam 07.00..diundang pak Kim ke rumah di jln.Sumatra no.26 dihadiri oleh pak Kim, pak Andy..Darius(putra pak Kim)dan saya… menjelaskan detail rencana pengembangan industri sapi potong di papua barat dan disepakati, sbb :
a).saya ditetapkan sbg Kepala Proyek pengembangan Industri Petrnakaan Sapi Potong terpadu.
b).disepakati semua usulan pribadi(kewajiban2 keuangan saya di bbrp bank dan pinjaman2)akan diselesaikan oleh pak Kim.
-3Maret 2021(Rebo Pon):dihadapan seluruh manajemen …saya ditetapkan menjadi kepala proyek pengembangan peternakan sapi di papua barat.
-14April -2021:Bisnis Plan dgn asumsi pendanaan 600jutaUSD dipresentasi kan dihadapan tim pengendali.
-20April-2021:Pertemuan rutin unt menyamakan persepsi bahkan ditetapkan unt Misi jangka panjang “Menggantikan posisi Australia sbg supplier daging di Indonesia”,dgn target jangka panjang(20thn):menguasai pangsa pasar sebesar:40%.
-atas dasar itu dilakukan perubahan Bisnis Plan.
-24Mei2021:awal kunjungan lapangan ke bomberay kab.fak fak.bertemu dgn SekDa, wakil Bupati dan OPD kabupaten serta kunjungan ke distrik Bomberay sebagai calon lokasi.
-Juni 2021:kunjungan kedua…pertemuan dgn Bupati terpilih kab.Fak fak(Bpk.Untung Tamsil)dengan menyampaikan surat permohonan penyediaan lahan untuk rencana pengembangan peternakan terpadu ini.
-awal Juli 2021:surat tanggapan Bupati Fak Fak unt menggunakan lahan 1200Ha sbg awal pengembangan.
-17Agustus 2021: sbg hadiah hari kemerdekaan BP(Business Plan) selesai dan diberikan ke Plt.President(bpk.Andy R).
-11Oktober-2021:audiensi dgn pemda Prop.Papua Barat…menetapkan 4kab sbg awal pengembangan(Fak fak;teluk bintuni;Manokwari selatan dan Tambrauw).
-11Januari 2022:audiensi dgn bupati tambrauw dan survey lokasi peternakan di distrik Kebar.kab.Tambrauw.
-14jan-2022:secara verbal ditetapkan Alamindo sbg calon investor peternakan di distrik kebar.
-18januari-2022: ditetapkan tim peternakan dibawah tim pengembangan.
-14 Februari-2022:pertemuan rutin membahas persiapan kunjungan Bupati kab.Tambrauw dan Kadis peternakan ke kantor Alamindo.
-16Februari-2022: pertemuan dgn Bupati Tambrauw dan Kadis peternakan yang dihadiri oleh Bpk.Adi Gunawan sbg Komisaris Utama, dengan hasil kesepakatan untuk dimulai Pengembangan Industri peternakan sapi potong terpadu di distrik Kebar,kab. Tambrauw dgn target “Peletakan Batu Pertama” paling lambat akhir April 2022.
-21 February 2022(senin): atas permintaan KomUt Alamindo,Bpk.Adi Gunawan diadakan pertemuan rutin tim pengembangan &tim peternakan untuk membahas financial scenario agar dapat dipahami oleh KomUt sehingga dapat memberikan arahan2 termasuk membuat Entitas baru untuk dipakai sebagai SBU(Santan bisnis unit) a.l:pertanian;perikanan dan perkebunan.
-Hari ini :SELASA- 22-FEBRUARI-2022….TEPAT SATU TAHUN saya BERKARYA di Group ALAMINDO…semoga PERJALANAN PANjANG ini akan membuahkan HASIL..SESUAI DENGAN RENCANA TUHAN YG INDAH PADA WAKTU NYA…AMIN…
karena”BAGI TUHAN TIDAK ADA YG MUSTAHIL(Luk.1:37)